Penyebab dan Gejala Tumor Lambung Serta Cara Pencegahannya

Tumor lambung merupakan penyakit yang dapat menyerang bagian tubuh mana pun, karena pertumbuhan sel sel yang tidak normal tidak dapat di presiksi secara pasti berada dimana letak posisinya. Salah satu bagian tubuh yang bisa ditumbuhi oleh sel tumor didalamnya yaitu bagian lambung. Lambung yang adalah salah satu bagian dari organ pencernaan, tidak hanya bisa terserang oleh tukak tulang atau pun penyakit maag yang disebabklan oleh asam lambung dan adanya luka di dalamnya tetapi juga bisa terdapat sel yang tumbuh tidak normal dan menyebabkan penyakit tumor lambung.

Keadaan lambung memiliki sel tumor, akan menyebabkan lambung akan memproduksi banyak cairan di dalamnya, cairan yang seperti ingus yang berlendir. Penyakit tumor lambung biasanya akan menyerang bagian dinding lambung yang terdapat otot dan juga bagian yang memproduksi hormon di dalamnya sehingga jika penyakit tumor lambung dialami maka akan menyebabkan bagian dinding lambung yang terserang. Penyakit tumor lambung bisa berjenis jinak atau pun ganas yang akan menyebabkan penyakit kanker.

Terjadinya penyakit tumor lambung bisa dialami karena disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat karena disebabkan oleh maknan atau pun zat yang masuk ke dalam lambung yang kurang baik dapat menyebabkan tumor lambung.

Selain itu pula penyakit tumor lambung bisa dikarenakan rokok pemicunya, karena rokok tidak hanya akan menyerang bagian paru paru dan merusaknya, zat dari rokok juga bisa masuk ke lambung dan kan menyebabkan penyakit tumor lambbung jika digunakan secara terus menerus atau pun diguanakan dalam jangka panjang. Usia yang tidak muda lagi dan tidak menjaga kesehatan lambung dengan baik atau pada saat di usia muda tidak menjaga kesehatan lambung dngan baik juga bisa mengalami penyakit tumor lambung.

Gejala Tumor Lambung
Beberapa gejala penyakit tumor lambung, diantaranya :
>> Kembung dan sering bersendawa.
>> Mulas atau sakit perut terasa panas.
>> Nyeri di tulang dada.
>> Mual, muntah, dan kesulitan menelan.
>> Gangguan pencernaan sering berulang.

Penyebab tumor lambung
Penyebab utama terjadinya tumor lambung atrofi lambung ini merupakan kondisi dimanan otot melemah dan menciut sehingga menyebabkan cairan lambung berkurat. Diet tinggi nitrat juga merupakan salah satu penyebab munculnya tumor. nitrat merupakan zat pengawet yang ditemukan pada makanan dan minuman kemasan. Selain makanan berpengawet makanan yang diasinkan atau diasap juga dapat menjadi penyebab tumor lambung. Seseorang yang merokok memiliki resiko tumor yang lebih tinggi dari pada mereka yang tidak merokok. Pria juga memiliki risiko terkena tumor ini dibandingkan dengan wanita.

Cara mencegah penyakit tumor lambung
Beberapa cara untuk mencegah penyakit tumor lambung, diantaranya :

  • Makanan secara teratur. Untuk mencegah penyakit tumor lambung sebaiknya di mulai dengan mengatur jadwal makan dengan baik makan secara teratur akan membantu untuk meningkatnya asam lambung oleh karena itu tidak menunda makan agar kesehatan lambung terjaga dengan baik.
  • Banyak minum air putih. Karena air putih memang bagus untuk kesehatan tubuh dan jaga bagaian lambung.
  • Tidak merokok dan minuman alkohol. Untuk mencegah penyakit tumor lambung tidak merokok dan tidak minum alkohol merupakan langkah yang baik untuk dilakukan.
  • Makan buah dan sayur lebih banyak. Nutrisi buah buahan dan sayuran baik untuk tubuh termasuk juga untuk lambung. Agar tidak mengalami penyakit tumor lambung sebaiknya makan banyak buah dan sayur.

Artikel Terkait Penyebab dan Gejala Tumor Lambung Serta Cara Pencegahannya :

Powered by Blogger.